Penggunaan Aplikasi ERP Optimalkan Gerak Roda Bisnis Maskapai


Semakin berkembangnya dunia penerbangan di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini memperlihatkan masih besarnya potensi bisnis yang ada di industri ini. Setiap maskapai baik yang memiliki tujuan penerbangan ke seluruh Nusantara maupun maskapai yang melayani rute-rute perintis terus berpacu untuk dapat menjalankan dan mengoptimalkan roda bisnis mereka. Saat ini tercatat lebih dari 20 maskapai yang beroperasi di Indonesia dan setiap maskapai tersebut harus dapat melakukan pengambilan keputusan yang tepat untuk pengembangan bisnis mereka di masa yang akan datang. Setiap elemen yang ada pada maskapai saat ini seperti: logistik, operasi, penjualan, persediaan, keuangan, akuntansi, pembelian, produksi dan sumber daya manusia  harus dapat saling terhubung dan terintegrasi sehingga proses bisnis maskapai tersebut dapat berjalan secara optimal.
Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. Dewasa ini perusahaan memperhitungkan ERP sebagai bagian penting dari suatu organisasi. ERP mengintegrasikan berbagai sistem informasi di dalam perusahaan. ERP mampu menyediakan informasi secara real-time tentang proses bisnis inti perusahaan seperti produksi, order processing, dan inventory management. ERP memantau sumber  daya perusahaan seperti uang, bahan mentah, kapasitas produksi, dan pegawai. ERP dipergunakan untuk mengelola status komitmen bisnis yang dibuat misalnya customer orders, purchase orders, and employee payroll. Dengan ERP data dapat dimasukkan ke dalam sistem dari berbagai departemen (manufacturing, purchasing, sales, accounting, dsb.) ERP mengelola data secara sentral sehingga hanya perlu sekali saja memasukkan data untuk selanjutnya dimanfaatkan oleh berbagai proses bisnis lainnya. ERP melancarkan arus informasi yang berjalan lintas fungsi di dalam organisasi sampai kepada hubungan dengan para stake holder di luar perusahaan.
Pada awalnya ERP berfokus untuk otomasi fungsi-fungsi back-office misalnya seperti akuntasi dan keuangan, pembelian (pengadaan procurement) dan pergudangan, logistik produksi dan perawatan, sales dan distribusi, dan penggajian dan kepegawaian. Kemudian fungsi front-office juga dimasukan ke dalam ERP seperti CRM (Customer Relationship Management) dan SRM (Supplier Relationship Management). Penerapan teknologi internet portal di dalam ERP memungkinkan perusahaan melakukan berbagai ragam kolaborasi. Baik kolaborasi antar pegawai di dalam perusahaan maupun kolaborasi perusahaan dengan para rekan bisnisnya. Perkembangan selanjutnya ERP juga memasukkan/mengintegrasikan  komponen BI (Business Intelligence) dan Management Cockpit. Dengan komponen seperti itu maka ERP dapat menjadi satu solusi komplit untuk menjawab kebutuhan sistem informasi yang terintegrasi bagi perusahaan.
Pada intinya ERP menolong perusahaan untuk bekerja lebih efisien dengan meminimumkan (atau bahkan menghilangkan) halangan arus informasi antar unit kerja. Selain itu solusi ERP dapat:

- Memberikan pandangan global, real-time akan data/informasi yang bisa dimanfaatkan secara proaktif untuk pengambilan keputusan dan mendorong perbaikan.
- Meningkatkan kepatuhan kepada standar peraturan sistem keuangan dan mengurangi resiko.
- Mengotomasi operasional proses bisnis initi misalnya seperti lead-to-cash, order-to-fulfillment, procure-to-pay, dsb.
- Meningkatkan layanan pelanggan dengan menyediakan satu sumber untuk penagihan dan relationship tracking.
- Mengeliminasi redundansi pada proses dan sistem informasi sehinga secara menyeluruh dapat menurunkan biaya operasional.
- Meningkatkan kualitas kerja dengan mengimplementasikan best practices yang ada di dalam sistem ERP.
Baca juga apa itu SAP ?

0 Response to "Penggunaan Aplikasi ERP Optimalkan Gerak Roda Bisnis Maskapai"

Post a Comment