MAHASISWA KPM UNIPDU XVII MENGAJAR DI TPQ Ds. BANGSRI - KERTOSONO



 MAHASISWA KPM UNIPDU XVII MENGAJAR DI TPQ Ds. BANGSRI - KERTOSONO



Mengajar Diniah "Mabadi Fiqih" (Kak. Ulum)
Program bidang Keagamaan & Pendidikan pada KPM Unipdu XVII Kelompok 12 tahun 2018 ini juga dilakukan di TPQ-TPQ yang di Desa Bangsri kecamatan kertosono. Ada beberapa TPQ yang masih berjalan di Desa Bangsri (TPQ Al-Barokah, TPQ Pesantren (KangArif), TPQ Gus Anto', TPQ Pak Samsul, TPQ Sunan Kalijaga dll) dengan santri-santrinya yang rata-rata antara usia 3 tahun sampai 15 tahun. Untuk itu mahasiswa KPM juga melaksanakan kegiatan membantu mengajar mengaji berlokasi di Desa Bangsri. Kegiatan belajar mengaji dimulai pada sejak minggu pertama KPM. Tujuan program ini yaitu agar mahasiswa KPM dapat mengamalkan ilmu agama yang telah mereka dapat selama ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain serta dapat menjalin keakraban dengan masyarakat desa Bangsri.

Bukan hanya mahasiswa yang dari Fakultas Agama saja yang berkontribusi tapi semua mahasiswa dari berbagai fakultas juga berkontribusi dalam proker ini untuk melaksanakan kegiatan belajar mengaji di TPQ yang ada di desa Bangsri. Jam Belajar dan Mengajar TPQ yang ada di desa Bangsri terbagi menjadi dua waktu, ada yang jam 16.00 - 17.20 dan ada yang 18.00 sampai jam 19.15. Untuk itu mahasiswa KPM Unipdu di Desa Bangsri di bagi menjadi beberapa kelompok untuk mengkuti/mengaji di beberapa TPQ. Dengan demikian pembelajaran mengaji dapat berjalan dengan baik.
Mendampingi Belajar Gerakan Sholat (Kak. Agus & Kak. Fia)

Mendampingi Belajar Gerakan Sholat (Kak. Sukron)
Misalnya, Pembelajaran di TPQ Al-barokah menggunakan Iqra’ bagi anak yang pemula serta pembelajaran Al-Qur’an dilakukan dengan tartil sesuai tajwid. Selain itu ada juga di TPQ Pesantren (Kang Arif) yang disana pembelajaranya di fokuskan ke Diniah, jadi dari Tim KPM UNIPDU diu bangsri yang mempunyai basic Diniah lebih di fokuskan ke TPQ kang Arif (TPQ Pesantren)

Belajar Adzan TPQ Al-Barokah (Kak. Aldi & Kak. Sukron)

Mendampingi Mengaji (Kak. Abida)
Belajar Diniah (Kak. Fia)
Mendampingi Mengaji (Kak. Eko)

Mendampingi Mengaji (Kak. Riris)

Mendampingi Mengaji (Kak. Roz & Kak. Mif Ulum)

Belajar Kosa Kata Bahasa Arab (Kak. Ayda)
Selain membantu mengajar mengaji, Progam di bidang Pendidikan & Keagamaan ini nantinya juga mengadakan lomba Adzan, Tartil Baca Al-quran, Pidato dan Mewarnai yang diadakan nanti pada tanggal 12 Agustus 2018, dengan juri dari mahasiswa kelompok KPM dari desa lain dalam rangka Menyambut Idul Adha dan Memperingati hari kemerdekaan RI.


UNIPDU Kampus Insan Penuh Cinta, BANGSRI Kampung Insan Penuh Berkah
Jombang, 9/8/2018
Penulis

Ismii Ruston








0 Response to " MAHASISWA KPM UNIPDU XVII MENGAJAR DI TPQ Ds. BANGSRI - KERTOSONO"

Post a Comment