Program Kerja KPM 12 Unipdu : Penyuluhan Sikat Gigi dan Cuci Tangan Usia Dini di SDN Bangsri 02

Program Kerja KPM 12 Unipdu : Penyuluhan Sikat Gigi dan Cuci Tangan  Usia Dini di SDN Bangsri 02

Pemberian Materi Gosok Gigi & Cuci Tangan
Kelompok Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) 12 Universitas Pesantren Tinggi darul 'ulum Jombang kembali menggelar salah satu program kerja mereka yaitu Penyuluhan Sikat Gigi dan Cuci Tangan.

Program kerja itu merupakan ide divisi kesehatan yang beranggotakan Aldi Farisal Fitrah, Riris QA, Yafi Maula, M. Ruston Imam R dan Sukron. Kegiatan berlangsung di SDN 02 Bangsri di desa Bangsri, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan yang dikoordinatori oleh Riris QA ini lebih menargetkan kepada anak usia dini, sebanyak 20 siswa dari kelas satu dan dua diikutsertakan dalam penyuluhan tersebut.
“Semakin dini anak diajak, maka akan semakin mudah menanamkan rasa bersih diri kepada mereka”, ujar Riris QA Selalu Koordinator Dev. Kesehatan.

Menurut Riris, mencuci tangan merupakan hal kecil tapi efeknya besar, karena banyak sekali penyakit yang mudah menyerang melalui tangan seperti flu, sakit perut, dll. Selain itu sikat gigi dengan benar sedari dini dapat mengurangi penyakit gigi pada anak-anak.

Materi penyuluhan yang disampaikan berurutan mulai dari sikat gigi yang benar sampai dengan cuci tangan. Aktivitas tanya jawab kepada para siswa juga dilakukan. Peserta yang aktif bertanya diberi hadiah. Untuk menambah semangat siswa, materi penyuluhan cuci tangan dibuat dalam versi video dengan menyanyi dan menirukan gerakan cuci tangan yang tepat.Setelah materi penyuluhan selesai, dilanjut praktik di lapangan. Alat-alat telah disiapkan oleh divisi kesehatan KPM 12 Unipdu seperti sabun, sikat dan pasta gigi. Kegiatan pertama adalah sikat gigi kemudian disusul dengan cuci tangan bersama. Suasana hangat dan ceria begitu terlihat ketika para siswa praktek bersama.

Setelah praktik, para siswa kembali dibawa ke ruang kelas. Di kelas diadakan tanya jawab lagi mengenai materi dan praktik yang telah dilaksanakan. Para siswa yang berani menjawab mendapatkan hadiah dari panitia acara. Sebelum acara usai dibagikan snack kepada para siswa.

Pemberian Materi
Praktek Cuci Tangan
Siswa Praktek Gosok Gigi dengan Pantum Gigi

Praktek Gosok Gigi dengan Pantum Gigi
Praktek Gosok Gigi dengan Pantum Gigi
Pemberian Materi
Praktek Gosok Gigi dengan Pantum Gigi
Praktek Gosok Gigi dengan Pantum Gigi

1 Response to " Program Kerja KPM 12 Unipdu : Penyuluhan Sikat Gigi dan Cuci Tangan Usia Dini di SDN Bangsri 02"

  1. judi sabung ayam
    Kegiatan yang dikoordinatori oleh Riris QA ini lebih menargetkan kepada anak usia dini, sebanyak 20 siswa dari kelas satu dan dua diikutsertakan dalam penyuluhan tersebut

    ReplyDelete