Martabak Manis Pandan Ijo



Gambar Martabak Manis Pandan Ijo

Ini adalah postingan tentang takjil puasa hari pertama yang lalu. Saat itu aku bikin terang bulan aka martabak manis pandan. Setiap bikin martabak manis, pastinya anak-anak suka heboh gak sabar karena memang mereka senang sekali dengan martabak manis. Isiannya pun selalu menurut selera anak-anak, yaitu meises dan keju parut yang tebal. Jadi gak heran setiap bikin martabak manis, isiannya selalu heboh. 

Martabak manis memang enak disajikan ketika masih hangat, jadi aku juga dadakan aja bikinnya. Mulai ngadon jam setengah 4 sore, didiamkan selama kurang lebih 1 jam dan diselingi menyiapkan menu berbuka lainnya. Matang jam 5 lebih, foto-foto kilat karena langit udah mulai gelap...siap deh disajikan sebagai takjil hehehe. Jadi gak heran kalau fotonya ya gini-gini aja karena keburu gelap dan masih disambi goreng tempe hihihi. Sampai lupa juga fotoin martabak manis yang utuh karena keburu dipotong-potong. Harap maklum yaa.

Resepnya masih pakai resep yang pernah kuposting disini, hanya kali ini kutambahkan 1 butir telur utuh dan memakai pasta pandan. Hasilnya...empuk dan enak lho. 

Gambar Martabak Manis Pandan Ijo

Martabak Manis Pandan Ijo

Bahan :

- 250 gr tepung terigu serbaguna
- 1 sdt baking powder
- 75 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam halus
- 1 kuning telur
- 1 butir telur utuh
- 350 ml air
- 1/2 - 1 sdt pasta pandan

Bahan tambahan per loyang :

- 1/4 sdt baking powder
- 1/4 sdt soda kue

Bahan taburan per loyang :

- 1 sdm margarin
- 1 sdm gula pasir
- 2-3 sdm meises
- 50 gr keju cheddar parut
- susu kental manis (SKM) secukupnya

Dusting (optional) :

- gula halus

Cara Membuat :'

- Campur dan ayak tepung terigu beserta baking powder. Tambahkan gula pasir, garam halus dan kuning telur. Aduk hingga rata.
- Beri pasta pandan ke dalam air kemudian tuang air ke dalam adonan, mixer dengan kecepatan rendah hingga lembut.
- Diamkan adonan selama 1 jam. Adonan siap digunakan.
- Panaskan cetakan dengan api kecil hingga benar-benar panas. Bagi adonan menjadi 2 bagian (aku memakai cetakan diameter 22 cm). 
- Sesaat sebelum adonan dituang, masukkan baking powder dan soda kue. Aduk rata. Tuang adonan, biarkan hingga adonan berbusa / berlubang kecil-kecil. Tabur gula dan tutup hingga matang. Angkat.
- Oles terang bulan dengan margarin, taburi meises, keju cheddar dan SKM . Potong 2 bagian sama besar dan tumpuk. Oles bagian kulitnya dengan margarin, kemudian taburi gula halus bila suka.
- Siap disajikan.

Notes :

- Cetakan harus dalam keadaan benar-benar panas ya. Sebelum adonan dituang seluruhnya, bisa ditest dengan menuang sedikit adonan.
- Masak dengan api kecil / sedang agar kulitnya tidak cepat gosong. 
- Penambahan baking powder dan soda kue ke dalam adonan sebelum dituang tergantung pada ukuran cetakan ya. 1/4 sdt baking powder dan soda kue.

Gambar Martabak Manis Pandan Ijo

Gambar Martabak Manis Pandan Ijo

Alhamdulillah jadi takjil buka puasa yang nikmat saat itu. Selanjutnya anak-anak sudah request bikin martabak manis lagi dengan isian nutella. Waah...kebayang kan gimana rasanya hehehe.

Selamat menjalankan ibadah puasa...In shaa Allah diberi kelancaran dan kekuatan serta berkah segala ibadah kita di bulan suci. Aamiin ya Rabb

0 Response to "Martabak Manis Pandan Ijo"

Post a Comment